Friday, April 16, 2010

Desain Baru Iklan Risma-Bambang, Minimalis, Minim kata, dan Tidak Ada Foto

Tim pemenangan Tri Rismaharini - Bambang Dwi Hartono (Risma Bambang) terus berupaya mendongkrak popularitas pasangan yang hampir pasti diusung PDIP itu. Selain secara langsung mendekati masyarakat, terutama rakyat kecil, mereka memasang reklame besar di tiga titik sekaligus. Yakni, di perempatan Jalan Pandegiling, Jalan A. Yani, dan Gelora Pancasila. Iklan sosialisasi tersebut jauh berbeda dengan mainstream billboard iklan kampanye tokoh lainnya.

Bila yang lain jor-joran memajang foto wajah, nama, dan tagline, tidak demikian billboard iklan kampanye Risma-Bambang. Bentuknya didesain minimalis, minim kata, dan sama sekali tidak ada foto pasangan.

Ketua tim pemenangan Risma-Bambang, Jagad Hariseno, mengatakan, desain iklan tersebut memang disengaja seperti itu. ''Ini adalah iklan kreatif kami dengan desain kontemporer,'' katanya. Menurut dia, sasaran iklan tersebut adalah pemilih pemula dan kalangan menengah ke atas.

''Maka, ada yang berbahasa Inggris dengan pesan minim kata. Sebab, banyak kata malah minim makna,'' ucapnya. Dia lantas menyitir pepatah kuno Tiongkok "Those who speaks do not know, those who know do not speak (mereka yang ramai bicara tidak tahu, mereka yang berpengetahuan tidak banyak omong)".

Putra sulung Ketua DPP PDIP Sutjipto itu mengatakan, billboard pasangan Risma-Bambang tersebut dirancang agar tidak menyilaukan mata. ''Gambar wajah terlalu besar dan tulisan yang terlalu ramai kadang membuat silau pandangan. Kalau seperti ini, kan malah nyaman dipandang dan memancing rasa ingin tahu yang lebih besar,'' tutur kakak kandung Ketua DPC PDIP Surabaya Whisnu Sakti Buana itu.

Pada bagian lain, Risma kemarin berkunjung ke Kelurahan Wonokromo. Alumnus ITS itu meluangkan waktu untuk mendengarkan keluhan para keluarga miskin (gakin) di RW VII. Wilayah tersebut terkenal memiliki gakin terbanyak di Wonokromo.

Kedatangan Risma menarik perhatian warga. Sekitar seratus lebih warga yang sebagian besar adalah ibu-ibu berduyun-duyun menghadiri acara bertajuk Risma Mendengar itu. Perempuan kelahiran 20 November 1961 itu lesehan di bantaran sungai untuk mendengarkan keluhan warga.

Karena diskusi berlangsung gayeng, warga berencana mengumpulkan ibu-ibu dengan jumlah lebih banyak lagi. Mereka semua siap mendukung Risma maju pilwali bersama Bambang Dwi Hartono.

Salah seorang warga, Iin Rohim, mengaku sangat gembira dengan kedatangan Risma. Bagi dia, Risma adalah sosok yang mampu mengubah wajah Surabaya menjadi lebih baik. ''Bu Risma adalah sosok yang telah berbuat banyak bagi Surabaya. Beliau juga pinter dan tidak membedakan sopo siro, sopo ingsun. Makanya saya ngoyo agar Bu Risma datang ke RW VII,'' katanya kemarin.

Perempuan 44 tahun tersebut semakin antusias ketika mengetahui bahwa Risma akan maju dalam pilwali mendatang. Kepada warga RW, Iin berharap para hadirin mencatat dan bahkan memfoto Risma. Sehingga, warga tidak lupa harus memilih siapa dalam coblosan mendatang. ''Saya sueeneng dengan Bu Risma. Orangnya simpatik dan pekerja keras,'' tegasnya.

Pada kesempatan itu, Risma menyatakan bahwa untuk mengubah Wonokromo, yang utama ialah peningkatan akses ekonomi dan infrastruktur dasar (PDAM, Jalan, dan Penerangan Jalan). Sektor Pendidikan dan akses kesehatan seperti Posyandu juga penting. Program seperti kunjungan dokter, makanan tambahan balita, dan lansia juga perlu diperhatikan.

Warga lain bernama Suyud menyatakan baru merasakan perubahan wajah Surabaya saat Risma menjadi kepala dinas kebersihan dan pertamanan maupun kepala bappeko. Jalan dengan paving selebar 6 meter di bantaran sungai Wonokromo membuat ''isolasi'' wilayah ini menjadi terbuka. Pavingisasi itu juga menumbuhkan kapasitas ekonomi masyarakat.

Sebagai penutup, Ketua RW VII Kasman mengatakan bahwa Risma patut didukung. ''Antusiasme warga dalam mendukung Bu Risma sungguh luar biasa,'' tuturnya. (ano/nur/oni)

Sumber : Jawa Pos (3 Maret 2010)
Baca juga Deklarasi pasangan Tri Rismaharini-Bambang Dwi Hartono

Risma-Bambang | Not The Others

No comments:

Post a Comment